Pages

Translate

Tuesday, August 19, 2014

Si Kecil Mulai Minum Dari Cangkir

Si Kecil Mulai Minum Dari Cangkir
Membuat Si Kecil beralih minum dari botol ke cangkir memang sebuah tantangan yang tidak mudah bagi para ibu. “Bayi sudah mulai siap beralih minum di cangkir saat usia 6-8 bulan. Kendati demikian, beberapa dari mereka tidak tertarik melakukannya sampai usia lebih dari 12 bulan,” ujar Fi Star-Stone, seorang ahli tentang bayi sekaligus pengarang buku The Baby Bedtime Book.
 

Banyak orangtua yang trauma dan membiarkan Si Kecil minum di botol saat percobaan pertama gagal. Padahal menurut Fi ini sangat penting dilakukan, sebab jika bayi terus-terusan mengisap cairan susu atau jus dari botol, giginya akan rusak. Tidak hanya itu, ruang botol yang tidak terlalu besar pun mengakibatkan bayi tidak mendapatkan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuhnya.
 
Seringkali bayi merasa nyaman saat mengisap dari payudara atau botol, sehingga ia menolak menggunakan cangkir. Karenanya, mengenalkan Si Kecil secara rutin untuk minum dari cangkir akan menghilangkan kebiasaan tersebut. Dilansir melalui M&B UK, Fi memberikan beberapa tip agar Si Kecil mau beralih minum di cangkir.
 
Waktu yang tepat
Cobalah mengenalkan cangkir saat makan siang atau makan kudapan di sore hari ketika Si Kecil sedang dalam keadaan sangat lapar. Sebaiknya untuk sementara waktu biarkan ia minum susu menggunakan botol di malam hari sampai ia sudah cukup besar dan nyaman menggunakan cangkir.
 
Gunakan sippy cup
Sebelum menggunakan cangkir, Anda bisa mengenalkan Si Kecil pada sippy cup dulu. Sippy cup yang dirancang dapat membatasi cairan yang keluar dari gelas akan mengurangi risiko Si Kecil tersedak saat ia baru mulai belajar. Agar ia lebih semangat, Anda bisa mengajaknya memilih sippy cup favoritnya.
 
Berikan susu
Anda bisa melapisi daerah mulut cangkir dengan ASI atau susu formula lalu minta Si Kecil mencoba minum dari situ.
 
Tunjukkan caranya
Anak-anak sangat suka meniru. Oleh karena itu, coba minum dari cangkir milik Anda dan tawarkan padanya untuk minum dari cangkir miliknya. Apabila ia memiliki kakak, minta Si Kakak untuk memperlihatkan bagaimana cara 'anak yang sudah besar' minum.
 
Coba beragam minuman
Beberapa bayi memilih menggunakan cangkir saat meminum air putih saja dan lebih memilih botol atau payudara ibunya untuk minum susu. Jangan cemas, karena itu normal terjadi, yang penting selalu gunakan cangkir setiap hari agar ia terbiasa. Saat usianya sudah 12 bulan atau lebih, Anda boleh mulai mengajaknya minum susu hangat dari cangkir.
 
Beralih dari sippy cup ke cangkir
Sebagai permulaan, Anda bisa menyajikan minuman favorit Si Kecil ke dalam cangkir. Untuk jus, Anda bisa membantu mengencerkannya dengan sedikit air atau meminta Si Kecil menggunakan sedotan. Jangan stres bila sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, ajak dirinya untuk ikut membantu membersihkan cairan yang tumpah dari gelas. (Sagar/DT/Dok. M&B)

No comments:

Post a Comment

Gunakan bahasa yang patut, sopan dan santun demi kenyamanan bersama.