Pages

Translate

Tuesday, August 19, 2014

Makanan Untuk Memutihkan Gigi

Makanan Untuk Memutihkan Gigi

Mungkin kita sudah sering mendengar kalau kopi dan red wine dapat membuat gigi menjadi kuning. Tapi tahukah Anda kalau ada makanan-makanan yang bisa memutihkan gigi? Dr Harold Katz, seorang dokter gigi dari Beverly Hills, AS, menyebutkan dark chocolate, teh hijau, dan stroberi mampu mencerahkan warna gigi menjadi kembali putih. Dan dilansir melalui Dailymail UK, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jenis-jenis makanan berikut ini perlu dikonsumsi setelah bangun di pagi hari.
 

Dark chocolate
Makanan yang satu ini dinilai dapat memutihkan gigi karena mengandung teobromina, yaitu bagian bubuk yang terasa getir, sehingga mampu menguatkan permukaan email gigi yang rentan berubah warna. Namun ini tidak berlaku bagi cokelat susu. Bahkan, Dr Katz mengungkapkan, cokelat susu menyebabkan bau mulut karena mengandung gula dan susu.
 
Teh hijau
Rajin mengonsumsi teh hijau dapat meningkatkan flouride di dalam mulut, yang mampu mengurangi pengikisan email gigi. Kandungan tanin dalam teh hijau juga dapat menghentikan bakteri yang menempel di gigi sehingga dapat mencegah bau mulut. Selain itu, kandungan kimia yang dikenal dengan nama polifenol berfungsi untuk melawan asam dalam mulut dan bakteri.
 
Stroberi
Enzim asam malat dalam stroberi berguna sebagai pembersih noda pada gigi. Anda bisa menghancurkan stroberi dan mencampurnya dengan baking soda, lalu mengusapkannya di bagian gigi selama beberapa saat.
 
Keju
Keju dipercaya meningkatkan pH sehingga mengurangi asam di dalam mulut. Dengan kata lain, risiko perubahan warna dan pengikisan gigi akan berkurang. Kalsium dalam keju pun berkontribusi untuk membuat gigi menjadi lebih kuat.
 
Kacang, biji-bijian, apel, dan pir
Jenis makanan yang keras dan renyah, seperti kacang, biji-bijian, apel, dan pir, membantu membuang plak serta noda yang meliputi permukan gigi. Tekstur renyah dari apel juga dapat menguatkan gusi sehingga mengurangi risiko masalah gusi maupun gigi tanggal. Dan tingginya kadar air dalam buah apel dan pir memperbanyak produksi air liur. (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)

No comments:

Post a Comment

Gunakan bahasa yang patut, sopan dan santun demi kenyamanan bersama.