Pages

Translate

Wednesday, August 20, 2014

Semakin Peduli ASI

 Semakin Peduli ASI


Saat ini sudah banyak yang menyadari betapa pentingnya ASI di awal kehidupan pertama bayi. Dr. I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, Satgas ASI IDAI (Ikatan Dr Anak Indonesia), atau yang akrab disapa Dr. Tiwi, menyebutkan dalam situsnya bahwa salah satu manfaat ASI yang sarat akan antibodi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh alamiah pada bayi.

Berdasarkan tulisan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, sejak 1990 pada Deklarasi Innocenti di Florence, Italia, kampanye pentingnya ASI sudah mulai digalakkan. Karenanya, setiap tahun di minggu pertama bulan Agustus diperingati sebagai “Pekan ASI”, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran semua pihak tentang pentingnya ASI bagi bayi serta perlunya dukungan untuk Sang Ibu agar dapat mencapai keberhasilan menyusui bayinya. Dan untuk tahun ini, Pekan ASI Sedunia (World Breastfeeding Week) mengangkat tema “Breastfeeding: A Winning Goal –For Life!
Karena semakin tingginya tingkat kesadaran masyarakan mengenai ASI, tidak heran perbincangan tentang ASI sering kita temukan bahkan sudah meluas hingga ke ranah media sosial. Awesometrics, media monitoring untuk memantau reputasi sebuah perusahaan dan brand, mengeluarkan fakta dalam sepekan terakhir (16-23 Juli 2014), topik “menyusui” dipercakapkan sampai 2.290 kali di jejaring sosial Twitter, 290 kali pada Facebook, dan 316 kali di media online.
Perbincangan soal ASI memang mengalami peningkatan pada 23 Juli 2014 terkait dengan adanya peringatan Hari Anak Nasional. Dalam rentang waktu 16-23 Juli 2014, perbincangan ini mencapai lebih dari 1.250 kali di Twitter, lebih dari 110 kali di Facebook, serta pembahasan di media online dilakukan lebih dari 186 kali. Bentuknya pun beragam, mulai dari artikel, kampanye melalui status, hingga kultwit (kuliah lewat Twitter) seputar manfaat dan mitos-mitos ASI.
Penyediaan ruang menyusui di tempat publik pun kini menjadi perhatian media-media gaya hidup, kesehatan, ibu dan anak. Tidak hanya di pusat perbelanjaan, sarana umum seperti terminal bus sudah mulai menyediakan ruangan bagi para ibu yang ingin menyusui bayinya. Brand-brand pendingin ternama juga tidak ketinggalan, mereka mulai memproduksi dan memasarkan tempat penyimpanan untuk ASI. Semoga untuk ke depannya, semakin banyak pihak yang peduli akan pentingnya ASI serta inisiasi menyusui dini (IMD) bagi Si Kecil ya, Moms! (Sagar/DT/Dok. M&B)

No comments:

Post a Comment

Gunakan bahasa yang patut, sopan dan santun demi kenyamanan bersama.