Pages

Translate

Wednesday, August 20, 2014

Meditasi Mengurangi Stress Dan Berat Badan

Meditasi Bisa Mengurangi Stres


Padatnya aktivitas sering membuat kita stres. Tapi Anda tidak perlu khawatir lagi, sebab sebuah studi terbaru menyebutkan meditasi dapat berdampak instan untuk mengurangi stres yang dialami. “Banyak orang yang melaporkan bahwa berlatih meditasi dapat mengurangi stres. Meski begitu kami melakukan penelitian berapa lama waktu meditasi yang harus dilakukan agar bisa bermanfaat bagi kesehatan dan mengurangi stres,” ujar J. David Creswell, selaku pemimpin studi, seperti dikutip melalui Dailymail UK.

Dalam studi ini, Creswell dan timnya melakukan penelitian selama tiga hari berturut-turut kepada 66 orang berusia 18-30 tahun. Saat penelitian, beberapa partisipan melakukan teknik meditasi bernama 'mindful meditation' yang sudah berkembang sejak tahun 1970-an sekitar 25 menit dan diberikan latihan pernapasan. Sedangkan partisipan lainnya dalam kelompok ke-2 mengikuti program latihan kognitif. Mereka diminta untuk secara kritis menganalisis puisi sebagai upaya meningkatkan kemampuan memecahkan masalah.
Para ilmuwan kemudian meminta semua partisipan untuk berpidato dan mengerjakan tugas matematika di depan penilai-penilai berwajah tegas. Setelah memeriksa tingkat stres dan didukung oleh pemeriksaan sampel air liur setiap individu, partisipan yang mengikuti latihan mindful meditation tidak terlalu stres sewaktu berpidato dan mengikuti tes matematika. Dengan kata lain, meditasi dapat memupuk ketahanan psikologis terhadap stres. Menariknya, dari sisi biologi, berlatih meditasi juga berperan menurunkan reaktivitas hormon kortisol. Jadi sediakan waktu Anda selama 25 menit dalam sehari untuk meditasi ya, Moms! (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)
Apakah Efektif Menurunkan Berat Badan dengan Meditasi
Bagi Anda yang mempunyai masalah untuk menurunkan berat badan, mungkin Anda mempunyai pengalaman frustasi. Anda terlalu mudah untuk terjebak dalam siklus tarik ulur, kehilangan dan kemudian mendapatkan kembali, dan banyak orang sayangnya tidak pernah berhasil membebaskan diri dari masalah ini. Namun, beberapa orang menyadari bahwa: untuk menurunkan berat badan, hanya cukup sekedar mengendalikan asupan makanan dan tingkat aktivitas serta mengatur pola pikir.
Pada artikel ini kita akan melihat bagaimana meditasi mampu membentuk pola pikir.
 
Mengapa Bermeditasi?

Meditasi telah dipelajari secara luas dalam beberapa tahun terakhir, dan ilmu pengetahuan telah menyadari  bahwa meditasi mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Meditasi dapat membantu menjaga dan mengendalikan tingkat stres, yang pada gilirannya dapat membuat Anda lebih sedikit berpotensi terserang berbagai penyakit, dari sakit jantung sampai stroke. Meditasi juga memiliki efek menguntungkan pada kesehatan mental Anda, dan meditator sering melaporkan menjadi lebih bahagia dan lebih puas daripada mereka yang tidak bermeditasi.

Bagi banyak orang, mereka membayangkan meditasi adalah duduk dalam posisi lotus yang tidak nyaman selama berjam-jam dan gaya hidup yang tidak menyenangkan, dalam kenyataannya, ada banyak cara untuk bermeditasi, dan tidak perlu melakukan apa pun yang terasa tidak nyaman untuk Anda. Meditasi dapat dilakukan dengan sederhana seperti duduk atau berbaring di tempat yang nyaman dan Anda hanya perlu fokus pada pernapasan Anda selama beberapa menit setiap hari. Anda tidak harus berlatih keras untuk meditasi.

Menggunakan Meditasi Untuk Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Meditasi bisa membantu Anda menurunkan berat badan untuk berbagai alasan. Saya sudah mencatat bahwa meditasi memiliki efek yang sangat menenangkan pikiran. Efek menenangkan inilah yang merupakan sesuatu yang berharga bagi siapa pun yang rentan makan berlebihan sebagai respon terhadap kecemasan atau stres - sebagaimana mereka yang kelebihan berat badan adalah karena hal ini. Dengan bermeditasi secara teratur, Anda memiliki alat yang efektif yang membantu untuk menjaga tingkat stres di bawah kontrol tanpa beralih ke makanan. Dari sini, kecenderungan untuk makan karena alasan emosional telah teratasi dan penurunan berat badan menjadi lebih mudah.

Cara lain bahwa meditasi dapat membantu Anda menurunkan berat badan adalah membuat visualisasi (Anda dapat fokus pada bagaimana akan merasa untuk mencapai tujuan Anda, atau mendengar komentar positif dari orang lain. Jadi, jangan menunda gagasan memvisualisasikan jika Anda salah satu dari banyak orang yang sulit untuk membentuk gambaran mental). Visualisasi melibatkan menciptakan gambaran mental dari apa pun yang ingin Anda capai, sehingga dalam hal ini Anda mungkin membayangkan diri Anda menjadi seperti yang ramping, sehat dan energik seperti yang Anda inginkan, dan mungkin menikmati makan makanan sehat dan olahraga juga.

Dengan meditasi, maka visualisasi menjadi lebih mudah, karena meditasi membuat lebih mudah untuk sangat rileks dan menenangkan pikiran Anda, yang pada gilirannya membantu Anda untuk tetap fokus pada visualisasi Anda dan untuk menanamkan lebih kuat ke bawah sadar Anda. Dengan latihan teratur, seperti visualisasi, penurunan berat badan dapat menjadi cara yang sangat ampuh untuk mengubah citra diri Anda, yang pada gilirannya membantu menghilangkan perilaku sabotase diri, membuat Anda merasa lebih baik tentang diri Anda, dan membuat Anda lebih mudah untuk mengadopsi gaya hidup sehat tanpa harus untuk memaksa diri Anda untuk melakukannya.

Satu-satunya masalah adalah: masih banyak orang merasa sulit untuk bermeditasi  untuk menurunkan berat badan, hanya karena mereka tidak terbiasa untuk menjaga pikiran mereka di bawah kontrol. Namun untungnya, ada solusi tersedia dalam bentuk teknologi gelombang otak  seperti binaural beats atau monaural beats.

Apa itu Teknologi Gelombang Otak?

Secara singkat, teknologi gelombang otak melibatkan paparan stimulus berulang seperti suara frekuensi tertentu. Otak memiliki kecenderungan alami untuk menyesuaikan gelombang dari stimulus ini. Begitu otak Anda telah terstimulasi dengan terapi ini, maka Anda merasa santai. Nah, ketika Anda memasuki keadaan sangat santai, aktivitas otak Anda melambat secara alami. Jika Anda menemukan sangat sulit memasuki tingkat relaksasi pada Anda sendiri, mendengarkan musik gelombang otak dapat membantu untuk mengarahkan otak Anda ke dalam keadaan yang diinginkan.

Dengan cara ini, menggunakan Musik Terapi Gelombang Otak membuat meditasi lebih mudah dan lebih mudah diakses oleh mereka yang tidak memiliki pengalaman cukup untuk melakukan metode meditasi tradisional. Anda juga dapat mulai merasakan manfaat dari meditasi lebih cepat dan mudah dari pada menggunakan teknik tradisional, yang mungkin memakan waktu lama untuk menguasai.

Jadi, jika Anda lelah berjuang untuk menurunkan berat badan, dan terus-menerus berjuang melawan nafsu dengan menggunakan tekad saja, Anda benar-benar harus mempertimbangkan untuk membuat bagian meditasi dari upaya penurunan berat badan Anda. Dengan metode ini, proses kehilangan seluruh lemak menjadi lebih mudah setelah Anda mampu mengendalikan pikiran.

No comments:

Post a Comment

Gunakan bahasa yang patut, sopan dan santun demi kenyamanan bersama.