Pages

Translate

Wednesday, September 10, 2014

Saat Terluka, Pakai Salep Antiseptik atau Antibiotik ?

Tanya:
Selamat pagi Dokter. Semalam saya mengalami kecelakaan terjatuh dari sepeda motor. Saya mengalami luka pada kaki, tangan, dan wajah. Apakah boleh dan aman jika bekas luka saya dioleskan salep antiseptik khusus luka atau cukup diberi cairan antiseptik khusus luka? Terima kasih sebelumnya, dok.



Jawab:
Selamat siang Riska,

Bagaimana kondisi luka Riska? Apakah hanya berupa luka lecet atau ada luka sayat juga?

Nah, untuk mengobati luka, pertama-tama Anda harus membersihkan dulu luka dari kerikil dan kotoran lain dengan cairan NaCl 0,9% yang dapat Anda beli di apotek.

Lalu, aplikasikan cairan antiseptik khusus luka untuk membunuh kuman yang masih tersisa. Jika luka butuh dijahit, maka bawa segera ke dokter atau rumah sakit. Jika luka termasuk dalam, sebaiknya Anda juga melakukan suntik anti tetanus untuk berjaga-jaga.

Langkah setelah pembersihan luka adalah mengoleskan salep perawatan luka dan tutup luka dengan kain kasa. Luka perlu dibersihkan dan kain kasa sebaiknya diganti setiap 2 - 3 hari. Jika luka termasuk serius dan kotor sekali, jangan ditutup kain kasa, kecuali saat mandi agar luka tidak basah. Luka yang serius juga perlu dibersihkan sehari sekali.

Menjawab pertanyaan Anda mengenai salep antiseptik khusus luka, salep jenis ini biasanya lebih efektif jika digunakan untuk mengobati luka bakar. Anda sebaiknya menggunakan salep antibiotik, namun cek terlebih dahulu agar Anda tidak mengalami reaksi alergi. Jika luka Anda termasuk luka yang agak dalam, imbangi perawatan luar dengan konsumsi obat antibiotik dan antinyeri juga.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

dr. Widyaningsih Oentari yang berpraktek di Medan

No comments:

Post a Comment

Gunakan bahasa yang patut, sopan dan santun demi kenyamanan bersama.