Pages

Translate

Wednesday, September 10, 2014

Sesak Nafas di Ruangan Gelap

Tanya:
Selamat siang, Dokter. Saya mempunyai kondisi sesak nafas ketika berada di tempat gelap, berada di ruangan dengan pencahayaan yang kurang, dan kondisi mati lampu. Hal ini sudah saya alami sejak kecil hingga saya berusia 18 tahun.

Selain sesak nafas, saya kadang merasakan adanya dorongan refleks untuk membesarkan mata hingga saya menemukan sedikit cahaya. Apakah ada hubungan antara kondisi mata dan sesak nafas, Dok? Mohon penjelasannya, terima kasih.

Jawab:
Salam kenal Sri,

Berdasarkan penjelasan yang Anda jabarkan, kemungkinan Anda mengalami suatu fobia atau kondisi ketakutan akan suatu hal yang tidak beralasan.
Melihat apa yang Anda alami, fobia yang tengah terjadi adalah fobia terhadap gelap. Sementara untuk gejala membesarkan mata secara refleks, hal ini mungin merupakan bentuk dari manifestasi fobia Anda. Demikian juga sesak nafas dan keringat dingin.

Berikut penjelasannya, semoga membantu Anda. Terima kasih.

dr. Astari Arum Sari yang berpraktik di Jakarta

No comments:

Post a Comment

Gunakan bahasa yang patut, sopan dan santun demi kenyamanan bersama.