Pages

Translate

Saturday, August 23, 2014

Tipe Virus Demam Berdarah

Tipe Virus Demam Berdarah


DB atau demam berdarah adalah salah satu ancaman bagi hampir seluruh penduduk dunia dan belum ada pengobatan spesifik untuk menyembuhkannya. Sampai saat ini, WHO memperkirakan lebih dari 100 juta kasus infeksi terjadi setiap tahunnya. Untuk itu, WHO pun menetapkan target untuk mengurangi angka kematian akibat dengue sebesar 50 persen dan mengurangi angka penderita sekitar 25 persen di tahun 2020.
 

Penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue dari Genus Flavivirus, family Flaviviridae ini ditularkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk Aides Aegypty yang terinfeksi virus tersebut. Prof. Dr. dr. Sri Rezeki S. Hadinegoro Sp.A(K) menyebutkan virus tidak dapat masuk ke dalam tubuh manusia tanpa perantara nyamuk dan nyamuk betina lah yang menyebarkan infeksi dengue.
 
“Nyamuk betina ini senang tinggal di air bersih, terbang di siang hari, serta jarak terbangnya tidak jauh, yaitu sekitar 1 kilometer,” ujar Dokter Sri.
 
Setiap mengalami penyakit infeksi virus, sebenarnya tubuh akan membentuk antibodi untuk meningkatkan kekebalan tubuh jika terpapar penyakit itu lagi. Namun, penyakit DB sulit untuk dihindari sebab terdapat 4 jenis serotype virus dengue, yaitu Den-1, Den-2, Den-3, dan Den-4. Sehingga bila virus yang menyerang berbeda, seseorang dapat terkena DB kembali dan infeksinya kemungkinan bisa lebih berat dari sebelumnya. (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)

No comments:

Post a Comment

Gunakan bahasa yang patut, sopan dan santun demi kenyamanan bersama.